10 Teknologi Perintis Komputer

Komputer canggih yang kita nikmati saat ini bukanlah hasil kerja satu orang saja. Peranti pintar itu merupakan hasil kerja gotong royong sejumlah ilmuwan, teknisi dan tentu saja vendor pengembangnya. Berikut 10 daftar teknologi komputer dari masa ke masa yang menghasilkan kecanggihan komputer masa kini. 
  
1. IBM Roadrunner 
Roadrunner adalah nama superkomputer generasi berikut di Laboratorium Nasional Los Alamos di New Mexico, Amerika Serikat. Pada Juni 2008, Roadrunner menjadi superkomputer tercepat di dunia setelah mencapai kecepatan 1,026 petaflop. IBM membangun komputer ini bagi Departemen Energi Amerika Serikat. Roadrunner mempunyai rancangan hibrida dengan hampir 7.000 prosesor dual core Opteron AMD dan sekitar 13.000 CPU 8i PowerXCell IBM dalam TriBlade khusus yang dihubungkan menggunakan InfiniBand.

Roadrunner menggunakan sistem operasi Red Hat Enterprise Linux dan dikelola dengan xCAT. Komputer ini menempati ruang seluas 1.100 m² dan mulai beroperasi pada tahun 2008. Departemen Energi Amerika Serikat berniat menggunakan komputer ini untuk mensimulasikan penuaan bahan-bahan nuklir dan untuk mengetahui apakah persenjataan nuklir milik AS aman digunakan dan dapat diandalkan. Selain itu, Roadrunner juga digunakan untuk keperluan sains, keuangan, otomotif, dan dirgantara.

Mimpi tentang superkomputer tercepat memang sulit diwujudkan, tapi akhirnya direalisasikan juga oleh IBM. Lebih besar dari komputer ENIAC tahun 1946, IBM Roadrunner disebut sebagai mesin pertama yang bisa memroses data dalam hitungan petaflop, yakni lebih dari kuadriliun operasi per detiknya. Tapi setelah beberapa dekade, kecepatan ini sama saja dengan sebuah desktop masa kini. 

2. Apple Macintosh 

Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga tidak melisensikan Mac OS X untuk komputer non-Apple

Komputer untuk semua kalangan, itulah yang dikenalkan Apple tahun 1984. Dengan tampilan grafis menawan yang bukan sekedar perintah rumus-rumus membosankan ala DOS. Kita mengenalnya kini sebagai Graphical User Interface (GUI)
 3. PC IBM 
Kompatibel PC IBM adalah kelas komputer yang paling banyak mengisi pasar mikrokomputer saat ini, dan didasarkan (tanpa keikutsertaan IBM) pada PC IBM yang pertama. Ia menggunakan arsitektur Intel x86 (atau arsitektur yang dibuat untuk menyerupainya) dan mampu menggunakan perangkat keras yang dapat diganti-ganti. Komputer-komputer ini biasa disebut juga klon PC, dan sekarang, hanya PC.

Kebanyakan mesin-mesin kelas server x86 modern pada dasarnya merupakan komputer desktop modern kompatibel PC IBM dengan versi yang lebih canggih dan kuat.

Era 1980-an, komputer personal identik dengan IBM. Sebab memang IBM-lah yang merintis hadirnya standar peranti lunak dan keras di pasaran komputer personal. Akhirnya standar ini diikuti semua vendor komputer sedunia sampai saat ini. 

4. Apple II 
Apple, Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online.

Diperkenalkan oleh Apple tahun 1977 dan bertahan hingga 15 tahun, Apple II membuktikan bahwa mereka mampu jadi produk massal. Canggih di grafis warna di era itu dan penggunaan yang cukup mudah bagi orang awam. Metode inilah yang konon ditiru Microsoft. 


5. TRS-80 
Komputer mikro adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
Masih di tahun 1977, Radio Shack meluncurkan mikrokomputer yang laku keras sebanyak 3000 unit. Produk ini disebut sebagai komputer pertama yang paling mudah digunakan oleh siapa saja hingga anak sekolah sekalipun.
  
6. Xerox PARC Alto 
Ini adalah komputer tunggal dengan tampilan grafis beserta jendela dan ikon, sebuah tetikus untuk mengontrol kursor dan hard drive lokal, serta koneksi Ethernet ke jejaring kantor. Semuanya tergabung dalam Alto, mesij eksperimen yang dikembangkan Xerox Palo Alto Research Center (PARC) tahun 1974. Tapi Xerox tidak pernah meluncurkan Alto ke pasaran.  

7. Datapoint 2200 
Datapoint 2200 adalah terminal diprogram yang diproduksi secara massal, dirancang oleh Phil Ray dan Gus Roche, diumumkan oleh Computer Terminal Corporation (CTC) pada bulan Juni, 1970 (dengan unit pengiriman di 1971). Hal itu dimaksudkan oleh perancangnya hanya menjadi serbaguna hemat biaya terminal untuk menghubungkan ke berbagai mainframe dengan memuat emulasi terminal berbagai dari tape bukannya tertanam sebagai terminal sebagian besar. Namun, pengguna giat di sektor bisnis (termasuk Pillsbury Makanan) menyadari bahwa apa yang disebut "terminal diprogram" bisa dilengkapi untuk melakukan setiap tugas komputer sederhana, dan dieksploitasi fakta ini dengan menggunakan 2200s mereka sebagai sistem komputer standalone. Sama pentingnya adalah fakta bahwa multi-chip CPU terminal (prosesor) menjadi cikal bakal arsitektur x86 di mana IBM PC asli dan keturunannya berada.
 
Kalau hanya komputer tunggal saja sudah dipasarkan pada 1970 oleh Computer Terminal Corp (CTC). Sampai saat ini pun apikasi Datapoint 2200 masih dipakai paa PC. Pihak CTC menjadi rekanan Intel untuk meringankan bebas prosesor mesin menjadi chip tunggal. 

  
8. IBM System/360 
Dengan serangkaian standar periperal dan model-model yang kompatibel, S/360 memenuhi kebutuhan komputer bisnis saat IBM merilisnya di tahun 1964. Ini bisa dikatakan sebagai rintisan saat komputer mulai dibutuhkan di dunia bisnis. Juga sebagai tonggak ekonomi industri komputer modern.

9. ENIAC 
ENIAC (Electronic Numerical Integrator Dan Komputer) adalah komputer tujuan umum pertama elektronik. Itu adalah komputer Turing-lengkap digital mampu menjadi diprogram kembali untuk memecahkan berbagai masalah komputasi. ENIAC dirancang untuk menghitung tabel penembakan artileri untuk Laboratorium Penelitian balistik di Angkatan Darat Amerika Serikat. Ketika ENIAC diumumkan pada tahun 1946 itu digembor-gemborkan di media massa sebagai "Otak Raksasa". Ini membuat kecepatan seribu kali lebih cepat dari elektro-mekanis mesin, lompatan daya komputasi bahwa tidak ada mesin tunggal sejak cocok. Kekuatan matematika, ditambah dengan tujuan umum programabilitas, ilmuwan bersemangat dan industrialis. Penemu mempromosikan penyebaran ide-ide baru dengan melakukan serangkaian kuliah di arsitektur komputer.Desain ENIAC dan konstruksinya dibiayai oleh Angkatan Darat Amerika Serikat selama Perang Dunia II. Kontrak pembangunan ditandatangani pada tanggal 5 Juni 1943, dan bekerja pada komputer dimulai secara rahasia oleh Universitas Moore School Pennsylvania Teknik Elektro dimulai pada bulan berikutnya dengan nama kode "Proyek PX". Mesin selesai diumumkan kepada publik malam 14 Februari 1946 dan secara resmi didedikasikan pada hari berikutnya di University of Pennsylvania, memiliki biaya hampir $ 500.000 (hampir $ 6 juta di 2010, disesuaikan dengan inflasi). Secara resmi diterima oleh US Army Ordnance Corps pada bulan Juli 1946. ENIAC ditutup pada tanggal 9 November 1946 untuk diperbaharui dan diupgrade memori, dan dipindahkan ke Aberdeen Proving Ground, Maryland pada 1947. Di sana, pada tanggal 29 Juli 1947, itu dihidupkan dan terus beroperasi hingga 23:45 pada 2 Oktober 1955 [2].ENIAC dipikirkan dan didesain oleh John Mauchly dan J. Presper Eckert dari University of Pennsylvania . Tim dari insinyur desain membantu pembangunan termasuk Robert F. Shaw (tabel fungsi), Jeffrey Chuan Chu (pembagi / persegi simpatisan) , Thomas Kite Sharpless (master programmer), Arthur Burks (multiplier), Harry Huskey (pembaca / printer) dan Jack Davis (akumulator). ENIAC bernama sebuah Milestone IEEE pada tahun 1987. 
Inilah “nenek moyang ” komputer masa kini yang menakjubkan. Dikembangkan oleh militer AS, Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC) menjadi cikal bakal komputer pada tahun 1946. Walau mesin ini menakjubkan di masanya, namun secara ukuran sangat tidak praktis. Mesin ini terdiri dari 17.478 tabung fakum dengan bobot 30 ton dan mengonsumsi 150 kilowat listrik. 

10.Mesin Diferensiasi 
Charles Babbage tertantang saat pemerintah Inggris minta dibuatkan sebuah mesin yang bisa menghasilkan tabel matematika. Dari sini Babbage mendesain komputer sederhana pertama yang bisa memproses perhitungan matematika secara otomatis. Inilah dasar dari kinerja komputer masa kini.

10 Teknologi Perintis Komputer 10 Teknologi Perintis Komputer Reviewed by https://robizidny.blogspot.com/ on 9:08:00 PM Rating: 5

1 comment:

(Silahkan tinggalkan Pesan)

Powered by Blogger.