Cara Remote Desktop pada Windows XP dan Windows 7


Apakah itu Remote Desktop? Pada sistem operasi windows xp/7 terdapat tool/fasilitas Remote Desktop Connection. Fasilitas ini berguna untuk mengendalikan komputer jarak jauh yang berada di jaringan, seolah olah komputer yang dikendalikan tersebut berada satu komputer dengan komputer yang sedang anda gunakan.
Selain fasilitas Remote Desktop pada sistem operasi windows, banyak juga software remote desktop lainya seperti Radmin, UltraVnc, UltraVNC, pcAnywhere dan masih banyak lagi yang lainnya.


Untuk menjalankan Remote Desktop pada Wondows XP, pada komputer host (komputer yang hendak di-remote) perlu disetting terlebih dahulu, berikut ini langkah langkahnya :
  1. buka Control Panel (Category View)
  2. pilih Performance and Maintenance
  3. pilih System
  4. maka akan muncul System Properties
  5. klik tab Remote
  6. lihat bagian Remote Desktop
  7. lalu centang Allow users to connect remotely to this computer
  8. klik Apply lalu Ok

Remote Desktop
Perlu diingat anda membutuhkan sebuah user account (beserta passwordnya) pada komputer host untuk bisa me-remote komputer tersebut dari komputer client. Untuk menambahkan user yang diizinkan melakukan remote, klik tombolSelect Remote Users.
Nah, sekarang pada computer client anda bisa login untuk mengendalikan komputer host. Caranya buka menu Start > All Programs > Accessories > Communications > Remote Desktop Connection.  atau ketik cmd pada run lalu ketik "mstsc" pada comand promp lalu enter,Maka akan muncul tampilan berikut.
Remote Desktop
Disini anda wajib mengisi alamat IP komputer host, username dan password account anda. Pada isian domain anda bisa mengisikan nama komputer host, tetapi isian ini boleh dikosongkan.
Jika anda menggunakan jaringan kabel LAN, klik tab Experience lalu centang bagian Desktop background supaya background dari komputer yang diremote bisa muncul.
Untuk memulai koneksi klik tombol Connect, jika semuanya lancar maka seharusnya desktop komputer host akan muncul dihadapan anda sekarang.


Bagaimana Cara Remote Desktop di Windows 7 menggunakan Remote Dekstop Connection ?
Untuk melakukan remote desktop, terlebih dahulu kita harus menyetting komputer yang akan kita remote (Host). Berikut caranya menyettingnya :

Masuk ke Windows Explorer atau tekan (Logo Windows + E).


Kemudian Klik Kanan pada "Computer" dan pilih "Properties". Terlihat seperti gambar dibawah ini  :


























Setelah itu 
Klik Tab Remote. Lalu pada bagian Remote Destop berikan tanda centang pada tulisan "Allow users to connect remotely to this computer". Klik Apply lalu Klik OK.

Ketentuan settingan ini berlaku untuk semua komputer yang akan diremote (host/clientnya). Untuk me-remote komputer host/client kita harus tahu hostname/ip komputer dan user name komputer tersebut (Lokal) serta komputer client harus diberi password. Untuk mengetahui hostname klik artikel berikut "Cara Mengetahui Hostname Komputer Pada Jaringan". Untuk "Select User" itu digunakan untuk memilih user yang diperbolehkan meremote komputer tersebut, konsep ini berlaku untuk jaringan yang sudah menggunakan Aktif Directory atau jaringan yang sudah menerapkan sistem Domain pada jaringannya.Nah setelah melakukan konfigurasi di atas, sekarang kita sudah dapat mlakukan remote desktop.Caranya buka menu Start > All Programs > Accessories >Communications > Remote Desktop Connection. Atau dengan cara masuk ke Run, ketikkan perintah "mstsc" dan akan muncul gambar dibawah ini  :























Pada gambar diatas anda wajib mengisi alamat ip komputer yang akan diremote (client), username dan password. Pada contoh diatas "PUSINTEKPC2-36" merupakan hostname dan "pusintek" merupakan username. Setelah itu langkah terakhir yang kita lakukan Klik Connect.

Selesai deh artikel Cara Remote Desktop di Windows 7. Semoga Bermanfaat yah... 
Terima Kasih.


Cara Remote Desktop pada Windows XP dan Windows 7 Cara Remote Desktop pada Windows XP dan Windows 7 Reviewed by https://robizidny.blogspot.com/ on 2:32:00 PM Rating: 5

11 comments:

  1. Artikelnya sangat membantu, terimakasih ya Zidny Robbi

    ReplyDelete
  2. Kok gak berfungsi mas bro. Oya arsitektur jaringannya harus client server ya? atau bisa peer to peer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa juga peer to peer gan.. yg penting ikutin ssuai panduan d atas. thnks

      Delete
  3. Terimakasih mas bro, artikel cara setting Remote Dekstop nya jelas dan bisa di pahami

    ReplyDelete
  4. Rekomendasi Artikel Terkait, lengkap

    Pranala --> MENGENAL REMOTE DESKTOP

    ReplyDelete

(Silahkan tinggalkan Pesan)

Powered by Blogger.