Mengenal Twitter Boostrap



Dengan perkembangnya dunia program tentu anda pernah mendegar yang namanya Boostrap. Kali ini saya akan menjelaskan  apa itu Boostrap? Bagi web desain yang mengikuti perkembangan dunia program tentunya bootstap sudah pasti femiliar dan menjadi salah satu senjata dalam pengembangan web desainnya

Apa itu Boostrap?
Twitter Bootstrap adalah sebuah alat bantu untuk membuat sebuah tampilan halaman website yang dapat mempercepat pekerjaan seorang pengembang website ataupun pendesain halaman website (Wikipedia). Sesuai namanya, website yang dibuat dengan alat bantu ini memiliki tampilan halaman yang sama / mirip dengan tampilan halaman Twitter atau desainer juga dapat mengubah tampilan halaman website sesuai dengan kebutuhan. Twitter Bootstrap dibangun dengan teknologi HTML dan CSS yang dapat membuat layout halaman website, tabel, tombol, form, navigasi, dan komponen lainnya dalam sebuah website hanya dengan memanggil fungsi CSS (class) dalam berkas HTML yang telah didefinisikan. Selain itu juga terdapat komponen-komponen lainnya yang dibangun menggunakan JavaScript. Dengan kata lain twitter bootstrap bisa juga kita sebut framework untuk css. 

Sejarah Twitter Bootstrap
Awalnya dibuat oleh seorang desainer dan pengembang di Twitter, Bootstrap telah menjadi salah satu front-end framework yang paling populer dan merupakan proyek open source di dunia. Bootstrap diciptakan di Twitter pada pertengahan 2010 oleh @mdo dan @fat. Sebelum menjadi kerangka kerja open-source, Bootstrap dikenal sebagai Twitter Blueprint. Mendistribusikan lebih dari 350 juta tweet per hari, Twitter berkembang dari sekedar suatu layanan pesan yang biasa. Platform ini awalnya dikembangkan pada ajang Hackweek, sebuah perhelatan developer yang diadakan Twitter. Standarisasi platform tersebut sudah disempurnakan sejak saat itu. Selama bertahun-tahun seiring dengan kemampuannya dalam hal analisa data real time, perusahaan tersebut juga telah mencapai pengalaman yang luar biasa dalam hal perancangan web. Pengalaman tersebut kini telah dikumpulkan dalam suatu pengembangan antar muka yang dikonsolidasikan dan dipublikasikan dalam bentuk Bootstrap. Bootstrap digambarkan sebagai CSS sederhana namun dibangun dengan pre-processor yang menyediakan lebih banyak daya dan fleksibilitas ketimbang CSS standar. Awalnya dirilis pada Jumat, 19 Agustus, 2011, dan sudah memiliki lebih dari 20 produk release termasuk yang terbesar adalah versi -2 dan versi-3. Hadirnya Bootstrap 2, maka fungsionalitas responsif terhadap seluruh kerangka sebagai stylesheet opsional telah di tambahkan dan pada Bootstrap 3, maka responsif secara default telah ditambahkan untuk pendekatan pertamanya terhadap ponsel. 

Kelebihan atau keunggulan Bootstrap
Waktu pembuatan yang lebih cepat : Karena elemen-elemen yang biasa ada dalam sebuah website pada umumnya sudah dibuatkan class-nya oleh Bootstrap ini, jadi kita tinggal memanggilnya dalam theme.
Template yang menggunakan Bootstrap lebih rapi : Mungkin ini akan sedikit relatif, karena kebiasaan masing-masing developer membuat coding pasti berbeda-beda. Namun pada dasarnya, karena bootstrap sudah terstruktur, untuk modifikasi class dan penambahan class memang sebaiknya mempertahankan kerapihan code yang sudah ada lebih dulu.
Template yang menggunakan Bootstrap lebih ringan.
Responsive dan tidak responsive : Ya, dengan sedikit modifikasi template, kita bisa memilih antara mengaktifkan sifat ‘responsive’ dan tidak ‘responsive’.
Banyak template bootstrap gratis
Twitter Bootstrap juga memiliki code yang cukup mudah dipelajari.

Kekurangan atau kelemahan 
bootstrap Salah satu kemampuan bootstrap adalah minim gambar karena memanfaatkan CSS3, disaat itu adalah keunggulan css3 namun disisi itu pula kekurangan dari bootstrap, CSS3 yang dikembangkan twitter dan yang lain. Jika ada berminat langsung aja kunjungi laman twitter bootstrap yaitu getbootstrap.com saya yakin anda berminat mempelajarinya, website ini juga menggunakan template bootstrap dan sedikit modifikasi di css nya. Anda bisa mendownload code source di menu download.

Struktur awal bootstrap 
Setelah kita download kita extract file zip nya maka kita akan mendapat struktur file download boostrap seperti berikut :











Demikian sedikit ulasan tentang framework css twitter bootstrap semoga bermanfaat. Kujungi terus blog ini untuk artikel-artikel tentang twitter bootstrap lainnya.

Sumber: fabernainggolan.net
Mengenal Twitter Boostrap Mengenal Twitter Boostrap Reviewed by https://robizidny.blogspot.com/ on 2:16:00 PM Rating: 5

No comments:

(Silahkan tinggalkan Pesan)

Powered by Blogger.