Membuat Formulir Online Menggunakan Google Drive

Beberapa hari yang lalu, saya dimintai oleh seorang teman untuk membuat formulir pendaftaran online menggunakan Google Form. Dan itu juga mengingatkan saya untuk menulis mengenai tutorial membuat formulir online menggunakan Google form di blog ini, semoga bisa membantu banyak orang yang sedang bingung mencari informasi tentang cara membuat formulir online.

Dengan kemajuan zaman dan perkembangnya tekhnologi sekarang ini orang tidak dipusingkan lagi dengan membuat formulir yang berbasis online tanpa harus belajar lama dan punya latar belakang pengalaman IT. Karena ada Google Docs yang sudah diintegrasikan dengan Google Drive, membuat semua aktivitas penyimpanan dan pengeditan file bisa dilakukkan dalam 1 layanan yang disediakan oleh Google. Google Drive memiliki banyak sekali fitur dan layanan mulai dari pembuatan dokumen dalam berbagai format seperti word dan excel, menyediakan penyimpanan cloud sebesar 15GB, sampai fitur untuk membuat form secara online.

Form Online Google yang akan dibahas dsini mungkin sering anda temui dalam aktivitas anda di Internet. Banyak sekali form-form yang dibuat dengan menggunakan Google Form di social media. 
Karena Google Form adalah bagian dari Google Drive, maka Anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Silahkan registrasi terlebih dahulu jika anda belum memiliki akun Google. Jika akun Google Anda telah siap, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat formulir online menggunakan Google drive.

1. Silahkan login dahulu menggunakan ke drive.google.com menggunakan akun google anda:
2. Setelah masuk ke Google Drive, silahkan lihat pada pojok kiri atas klik New > More > Google Forms

3. Step berikutnya  akan dihadapkan pada tampilan default Google Form yang  judulnya masih serba untitled, seperti pada gambar dibawah ini:

4. Anda bisa mengganti judul formulir yang masih Untitled form dengan judul anda sendiri. Sebagai contoh saya mengganti dengan nama "Contoh Foemulir Pendaftaran seminar"

5. Kemudian anda bisa menambahkan Form descrioption anda untuk menjelaskan nama dari formulir yang anda buat, seoerti contoh pada gmabar di bawah:


6. Selanjutnya isi form sesuai dengan form yang anda buat, seperti Nama Lengkap dengan kolom short Answer dan seterusnya


7. Setelah membuat form Nama Lengkap anda dapat memilih jenis kolom form seperti Short answer, Pargraph, Multiple choise dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan, dalam contoh ini saya menggunakan Short answer

8. Klik add question seperti pada tanda panah merah untuk menambahkan form baru, anda bisa memilih jenis form seperti yang anda inginkan seperti pada gambar berikut:


9. Anda juga bisa membuat Jenis Kelamin dengan bentuk data multiple choice atau pilihan ganda, jadi input data hanya dilakukkan dengan memilih salah satu pilihan yang tersedia 


10. Silahkan anda bisa menambah beberapa form lagi agar benar-benar “terlihat” seperti form pendaftaran.dengan mencoba beberapa jenis form atau pertanyaan yang telah disediakan.

11. Klik Send pada pojok kanan atas maka akan muncul jendela baru yang berisi URL form anda, anda bisa langsung mencopy dan menyebarkan URL form anda melalui kanal socmed yang tersedia atau memperpendek URL dengan cara ceklist Short URL  terlebih dahulu.


12. Silahkan buka form anda menggunakan URL yang sudah anda dapatkan dari proses sebelumnya atau anda bisa langsung review pada pojok kanan atas. Sebagai contoh, ini adalah form yang saya buat dalam tutorial ini:

13. Sampai disini pembuatan form sudah selesai dan anda sudah bisa menyebarkan URL Form anda pada orang-orang. Semua data yang masuk kedalam form (telah disubmit) akan masuk dalam dokumen spreadsheet yang ada di google drive. Anda bisa mengaksesnya dengan mengeklik View Responses yang berada di halaman editor form.



Untuk menampilkan dokumen spreadshet klik pada gambar tanda panah di bawah, kerika form sudah diisi makan semua data akan tampil pada dokumen spredshet tersebut.



Tuttorial di atas hanya menunjukkan cara membuat formulir online untuk pendaftaran, namun Anda bisa mengaplikasikannya untuk membuat berbagai jenis form mulai dari form kontak, form untuk pemesanan barang, form kuisioner dan survey untuk mengerjakan skripsi, dan masih banyak lagi. Pesan saya anda harus berani mencoba membuat form dengan jenis baru. Sekian untuk tutorial kali ini semoga bermanfaat.




Membuat Formulir Online Menggunakan Google Drive Membuat Formulir Online Menggunakan Google Drive Reviewed by https://robizidny.blogspot.com/ on 4:01:00 PM Rating: 5

No comments:

(Silahkan tinggalkan Pesan)

Powered by Blogger.