Fungsi Crosstabs dengan SPSS


Kalau sebelumnya saya telah menulis artikel tentang fungsi frequencies, kali ini saya akan membagikan artikel tentang fungsi Crosstabs. 
Sebagai contoh pada fungsi Crosstabs ini, misalkan kita akan melihat apakah terdapat  hubungan antara  jenis  kelamin dan pekerjaan  seseorang terhadap tingkat pendapatan mereka. Data yang diperoleh dari sejumlah responden sebagai berikut:

Mengingat  fungsi  crosstabs  adalah  untuk  data  nominal,  maka  ketiga  variabel  tersebut datanya dijadikan data nominal dan diberi kode sebagai berikut :
Jenis kelamin (x1) 
Value 1 = Laki-laki
Value 2 = Wanita
Pekerjaan
Value 1 = Tani
Value 2 = Pegawai
Value 3 = Swasta
Pendapatan
Value 1 = Rendah (<500.000,-)
Value 2 = Sedang (500.000,- -1.000.000,-)
Value 3 = Tinggi (> 1.000.000;-)

Sekarang kita melangkah ke tahap latihan dari soal diatas, ikuti step demi step agar bisa berjalan dengan baik.

Sebelum  anda  memasukkan  data  tersebut ke  dalam  spreedshet  spss  (data  view), terlebih  dahulu anda  harus  mendefinisikan  variabel pada  variabel  view.  Langkahnya sebagai berikut :

1. Buka program SPSS 22, disini saya menggunakan SPSS versi 22, anda bisa menggunakan versi yang lebih tinggi atau rendah, pada dasarnya sama hanya berbeda pada tampilan dan fitur.
2. Dari layar, Klik Variable View pada kiri bawah. Definisikan setiap varibel sesuai dengan data di atas. 
Setelah selesai memasukkan semua variabel, hasilnya dapat anda lihat di bawah ini :


Khusus untuk kolom VALUES didefinisikan sebagai berikut :
Untuk variabel x1 
  • Pada kolom Values klik kotak values pada baris x1, anda isi Value Labels dengan angka 1 Pada kotak Value dan isi dengan Laki-laki pada Label.
  • Lalu  klik  Add,  sehingga  rumus  tadi  pindah  ke  kotak  rumus.  Kini  kotak  value  dan  value label kosong  kembali.  Kemudian  lanjutkan  pengisian  untuk  memasukkan jenis kelamin Wanita dengan nilai value 2. Caranya sama seperti point diatas. sehingga hasilnya seperti pada gambar berikut :


Untuk variabel x2
  • Lakukan seperti pada varibel x1, sehingga hasilnya seperti berikut :


Untuk variabel x3
  • Lakukan hal yang sama seperti pada variabel x1 dan x2, sehingga hasilnya seperti berikut :

3. Setelah   anda   mengisi   dan   mendefinisikan   variabel   barulah   anda   dapat mengisi data yang sebenarnya dengan mengaktifkan DATA VIEW. Kemudian anda isi  sesuai  dengan  data  di  awal bab  ini.  Perlu  diingat,  diisinya  dengan  angka sesuai  dengan  nilai  value  yang  telah  ditetapkan (1,  2  atau  3),  Hasilnya  akan seperti berikut:


Keterangan:
Untuk  mendapatkan  tampilan  seper  pada  gambar  di  atas,  anda  harus  memastikan bahwa anda sudah mengaktifkan sub menu "Value Labels" pada menu View.


Kemudian  simpan  data  tersebut  ke  folder  yang  anda  inginkan  dengan  nama  file "Latihan Crosstabs".

Selanjutnya kita melangkah ke tahap analisis crosstabs dengan cara sebagai berikut:
A. Mencari Hubungan Jenis kelamin (x1) dengan Pendapatan (x3) Untuk analisis ini langkah yang harus ditempuh sebagai berikut :
1. Pastikan bahwa anda sedang aktif pada file "Latihan Crosstabs"
2. Klik Analyze pada menu utama
3. Klik Statistics Deskriptive.
4. Klik Crosstabs.



5. Masukkan jenis kelaimin (x1) pada kotak rows.
6. Masukkan pendapatan (x3) pada kotak columns. Seperti tampilan sebagai berikut



7. Klik Statistics, lalu akan mumcul kotak dialog dan plih pilih Chi Square.

8. Klik Continue, sehingga kotak dialop kembali ke Crosstabs.
9. Klik Cells, sehingga murcul kotak dialog lagi, kemudian pada kotak Count pilih Obselved dan Expected. Pada kotak pilihan Prosentages, pilih Row, Column dan Total. Sehingga seperti gambar berikut


10. Klik Continue, sehingga kotak dialog kembali ke crosstabs.
11. Klik OK, sehingga akan muncul hasilnya sebagai berikut :




Setelah tampil output jangan lupa disimpan dengan nama file "Output Crosstabs 1". Cobalah   analisis variabel   yang   lain   dengan   menggunakan   fungsi   Crosstabs. Hasilnya anda cetak (print) ke lembar kerja.

Selesai sudah hasil analisis menggunakan fungsi Crosstabs, anda dapat print hasil output anda atau bisa di export ke dalam word.

Semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan anda.


Fungsi Crosstabs dengan SPSS Fungsi Crosstabs dengan SPSS Reviewed by https://robizidny.blogspot.com/ on 2:49:00 PM Rating: 5

No comments:

(Silahkan tinggalkan Pesan)

Powered by Blogger.